Rekomendasi Pergantian Kaur Desa Walakone SBB Tuai Polimik
Ekdar Tella
08 Jul 2021 15:58 WIT

Rekomendasi Pergantian Kaur Desa Walakone SBB Tuai Polimik

Surat Rekomendasi dari Camat Taniwel Timur SBB NOMOR:800/Rek/C-TT/2021, tentang pergantian Kaur Keuangan Desa Walakone itu dinilai tiadak sesuai mekanisme.

Aflin Silaya salah satu warga masyarakat Desa Walakone , Kecamatan Taniwel Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat mangeku kesal atas kebijakan yang dilakukan oleh Camat Taniwel Timur dengan mengeluarkan Rekomendasi Pergantian Perangkat Desa Walakone.

Menurutnya, pergantian Perangkat Desa seharusnya melalui beberapa tahapan sesuai aturan mutasi pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa sesuai Permendagri Nomor 67 Tahun 2017.

"Yang menjadi pertanyaan adalah dasar dari rekomendasi yang dikeluarkan oleh Camat Taniwel Timur itu apa, sesuai mekanisme atau tidak," sesalnya, ketika dihubungi, Kamis (8/7). 

Hal yang sama dikatakan warga lain, Almendo Matapuly mengatakan jika selama ini Kaur Keuangan menjalankan tugasnya dengan baik tanpa ada masalah dan yang sangat disayangkan saat ini adalah Masyarakat dibuat heboh lantaran adanya pergantian ini.

"Kita dibuat heboh dengan pergantian ini, jangan sampai dengan adanya pergantian ini akan menjadi polimik dikalangan masyarakat" terang Matapuly. 

Masyarakat juga akan mendatangi Kantor Camat Taniwel Timur untuk meminta penjelasan dari Camat terkait pergantian Kaur Keuangan di Desa Walakone itu. Sebab mereka menduga jika ada indikasi lain dibalik kebijakan yang diambil.

"Kami akan datangi kantor Camat Taniwel Timur untuk meminta pejelasan Camat terkait pergantian ini dan perlu diketahui bahwa Penjabat Desa Walakone saudara Jonas Manakutty masa jabatannya berakhir di bulan ini. Maka dengan demikian kami menduga ini merupakan strategi Penjabat untuk mengangkat saudara saudaranya untuk duduk di Staf Desa, karena ini merupakan kali kedua Penjabat Desa Walakone melakukan pergantian Staf Desa yang mana Sebelumnya Sekretaris Desa  diberhentikan dan digantikan oleh orang dekat Pejabat", tutur Matapuly

Sementara itu, Camat Taniwel Timur M. Matitale melalui sambungan telepon menjelaskan bahwa, surat rekomendasi yang dikeluarkan itu sudah sesuai dengan aturan.

"Surat rekomendasi yang di keluarkan itu sudah sesuai mekanisme pergantian kaur Keuangan, dimana poin poin itu sebanyak Lima poin , dan alasan alasan itu tidak dicantumkan dalam rekomendasi melainkan didalam surat masuk". kata M. Matitale


(Ekdar)

Dapatkan sekarang

Liputan Seram Barat, Ringan dan cepat
0 Disukai