Lisapally: Pemda SBB Mendukung Pemekaran Desa, Asalkan Proses Dengan Regulasi
Editor
27 Jan 2022 18:37 WIT

Lisapally: Pemda SBB Mendukung Pemekaran Desa, Asalkan Proses Dengan Regulasi

PIRU—Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), pada prinsipnya  akan mendukung semangat masyarakat Kabupaten SBB, terkait pemekaran Dusun menjadi Desa di SBB. 

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (PMD), Kabupaten SBB, Reinhold V. Lisapally. Kepada media, di Kantor DPRD SBB, Piru, usai agenda Rapat Dengar Pendapat, bersama Komisi I, Rabu (26/01/2022).

Melihat beberapa persoalan yang sempat dibawa ke Lembaga DPRD SBB saat ini, banyak masyarakat memiliki keinginan yang kuat, untuk memekarkan diri, dari satu Desa menjadi Desa bagian, dan juga dari satu Dusun menjadi Desa di wilaya masing-masing. 

Seperti terlihat kasus, warga Desa Buano Utara dan juga Masyarakat Dusun Katapang, Desa Lokki saat ini. Dari ke dua wilya itu, masyarakat sangat bersemangat dan berkeinginan sekali, untuk mekarakan diri menjadi, satu Desa di wilaya tersebut.

Yang mana dua masyarakat dari Desa-desa tersebut, telah berproses sampai hari ini, dengan keinginan yang sama. Namun sayangnya, ada beberpa poin yang menjadi persayaratan, sehinga belum memiliki legalitas dari Desa Induk.

‘’Prinsipnya, kita (PEMDA), tetap memengang pada aturan-aturan yang berlaku, dalam UU Nomor 6  dan Peraturan Pemerintah (PP), NO 43 tahun 2014, serta Pemendagri nomor 1 tentang penatan Desa persiapan,” Jelas Kadis. 

Mengacu, pada regulasi tersebut, lanjut Kadis, mereka harus memulai proses tahapan dari Dusun ke Desa, dan dari Desa ke Pemerintah Daerah.

‘’Dan jika mereka sudah melalui tahapan-tahapan tersebut, tentunya kita selaku Pemerintah Daerah akan mendukung hal itu, demi kemajuan daerah ini,’’ pungkas Kadis berkulit hitam itu. (tab).

 

Dapatkan sekarang

Liputan Seram Barat, Ringan dan cepat
0 Disukai