by

Soal Siwab Dinas Pertanian SBB Terkendala Anggaran, DPRD Diminta Lobi Pempus

-News-109 views

PIRU– Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Mansur Tianotak meminta DPRD SBB agar membantu dan mendorong anggaran sosialisasi pemerintah pusat, guna menjalankan program sosialisasi Sapi Induk Wajib Bunting (Siwab) kemasyarakat SBB.

Menurutnya, program Siwab tersebut, adalah program yang dikeluarkan pemerintah pusat sejak tahun 2017 lalu, kendati demikian, yang jadi kendala saat ini, Dinas Pertanian dan Peternakan tidak memiliki anggaran Program sosialisasi tersebut, karena program itu langsung dari pusat.

“Untuk itu, saya sangat berharap pihak DPRD agar membatu dan dorong angaran tersebut ke pemerintah pusat, agar kita dari dinas pertanian juga bisa menjalankan program sosialisasi Sibaw ini di tahun 2020,” harapnya

Hal tersebut diungkapkan Kadis Pertanian dan peternakan Kabupaten seram bagian barat (SBB), Mansur Tianotak, di ruang kerjanya pada Jumat 18 Oktober 2019.

“Untuk mewujudkan target dari pemerintah pusat, dan juga meningkatkan kesejahteran masyarakat SBB, dalam bidang pertanian dan peternakan ini, maka perlu ada terus, program Siwab tersebut.” jelasnya.

“Dan yang penting ada respon dari DPRD guna menjalankan program sapi induk wajib bunting (Siwab), karena program tersebut merupakan program pemerintah pusat yang anggarannya juga harus dari pemerintah pusat” katanya.

Kami pihak Dinas sebagai pelaksananan teknis program tersut, siap melakukan sosialisai, dan bimbingan terhadap masyarakat dalam bidang peternakan yang ada di SBB. Hanya saja kita juga perlu bantuan dari pihak DPRD untuk melakukan lobi anggaran ke pemeriantah pusat terkait program tersebut.

“Untuk itu, ditahun 2020 ini, pihak kami dinas pertanian SBB akan berkoordinasi bersama pihak DPRD SBB, agar bisa membantu dan mendorong anggaran pemerintah pusat sehingga program tersebut bisa maksimal terlaksana di tahun 2020 dengan baik” tandasnya.