by

Anggaran Bencana SBB Minim: DPRD SBB Optimis Akan 3 Kali Lipat Dinaikan

-News-105 views

Piru-Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dari fraksi hanura Rusli Sosal mengatakan, anggaran khusus bencana SBB sangat minin jika dibandingkan dengan kabupaten lain.

Menurutnya, anggaran sangat penting karena anggaran adalah salah satu alat pendukung operasional yang sangat urgen, Untuk penanganan bencana yang lebih maksimal sesuai yang kita harapkan.

“Anggaran bencana Pemda SBB sangat minim, untuk itu lembaga DPRD SBB akan usulkan anggaran tersebut dinaikan 3 kali lipat.” Tandas, Rusli Sosal. Saat dihubungi Liputan Seram Barat di Piru, Selasa (9/10/2019).

“Misalnya soal anggaran bencana. Perlu diketahui, anggaran adalah salah satu alat pendukung operasional yang sangat urgen. Nah, tahun 2019 ini, kita punya anggaran khusus bencana di SBB sangat minim. Kalo tidak salah hanya Rp.5 miliar.” Jelasnya

“Untuk itu dalam evaluasi nanti, kita akan usul agar anggaran itu dinaikan paling minimal 3 kali lipat melalui alokasi pos BTT atau sejenisnya.” Ujarnya.

Dia menjelaskan, Kemudian soal stok logistik di dinas BPBD dan Sosial, berupa Tenda (terpal) dan Selimut.Kedepan, dua jenis barang tersebut harus dilakukan pengadaan dalam jumlah besar. Karna tenda dan selimut ini, merupakan kebutuhan yang paling utama yang dicari oleh warga ketika hendak mengungsi keluar dari rumah.

“Dan yang kami dapati dilapangan selama terjadinya gempa tanggal 26 oktober, dua barang tersebut belum terpenuhi secara baik bagi warga pengungsi. Olehnya itu kedepan harus ada stok persediaannya dalam jumlah besar di dua dinas tersebut.” Ungkapnya.

Dikatakan, demikian juga soal tanggap layanan kesehatan, Ada banyak hal yang akan kami evaluasi di bidang ini. (tr)